Wisata Ke Pulau Derawan, Kalimantan Timur.

Pulau Derawan, Berau, Kalimantan Timur

Untuk anda pecinta keindahan pantai baik keindahan di atas air maupun alam bawah air, rasanya tak lengkap jika anda belum mengunjungi Pulau derawan dan beberapa pulau di sekitarnya. Pulau yang terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur ini masih jauh dari polusi dan kebisingan kota besar, sehingga segala sesuatunya masih sangat alami, termasuk biota laut dan terumbu karang yang masih sangat terjaga.

Layaknya wisata pantai pada umumnya, kegiatan utama wisatawan di Pulau Derawan ialah menikmati keindahan alam pantai dan alam bawah laut. Terdapat beberapa penyewaan alat snorkeling dengan harga sewa cukup murah, sekitar Rp. 50.000 / hari. Untuk anda yang ingin menikmati keindahan alam bawah laut Pulau Derawan lebih jauh lagi, anda bisa mengikuti program diving yang juga tersedia di pulau ini.

Pulau Derawan, Berau, Kalimantan Timur

Untuk anda yang ingin lebih bersantai dan tak ingin berbasah-basahan, anda bisa mencoba untuk menginap di hotel & resort yang banyak terdapat di Pulau Derawan, pilihlah resort yang dibangun di atas air sehingga anda bisa berinteraksi dengan kura-kura / penyu hijau raksasa yang banyak berkeliaran di tempat ini. Atau anda bisa berjalan kaki mengelilingi pulau yang berukuran tidak terlalu besar ini.


Selagi anda berada di Pulau Derawan, ada baiknya anda menyempatkan diri untuk singgah di pulau-pulau sekitar yang tak kalah indah, salah satunya ialah Pulau Kakaban. Pulau ini unik karena bentuknya hanya seperti lingkaran tipis dengan danau air asin di tengahnya yang bernama danau Kakaban. Di dalam danau kakaban terdapat ribuan ubur-ubur yang sepertinya terperangkap dan tak bisa kembali ke laut lepas, berenang dan menyelam di danau kakaban seolah kita berenang bersama ribuan ubur-ubur cantik. Tidak perlu khawatir karena ubur-ubur di sini sudah tidak memiliki sengat dan tidak beracun.

Pulau Derawan, Berau, Kalimantan Timur

Beberapa tempat dan atraksi menarik lainnya di sekitar Pulau derawan antaralain ialah berenang bersama ikan Manta raksasa di Pulau Sangalaki atau melihat Kima raksasa (semacam kerang raksasa) langsung di habitatnya. Sangat sulit untuk mendeskripsikan keindahan Derawan, sebaiknya anda datang sendiri untuk menikmatinya.

Bagaimana Menuju Pulau Derawan

Terdapat dua alternatif tempat terdekat untuk menuju derawan, yaitu melalui Tarakan dan Berau. Jalur melalui Tarakan banyak digunakan oleh wisatawan yang berangkat berkelompok menggunakan jasa travel / pemandu wisata, mungkin karena ongkos penerbangan menuju Tarakan lebih murah, namun tidak ada perahu penyebrangan umum menuju Derawan dari Tarakan, sehingga wisatawan harus menyewa perahu dengan harga yang cukup mahal, hal ini mungkin tidak menjadi masalah untuk wisatawan yang berjumlah banyak / kelompok, namun akan menjadi masalah besar untuk wisatawan yang terdiri dari satu atau dua orang saja.

Alternatif paling baik dan paling banyak dipih oleh wisatawan ialah melalui Berau, walaupun tiket penerbangan menuju Berau sedkit lebih mahal, namun rute menuju Pulau Derawan dari sini jauh lebih mudah dan terdapat perahu penyebrangan reguler menuju Pulau Derawan dengan ongkos yang terjangkau. Berau juga merupakan lokasi terdekat dengan Pulau Derawan. Dari Bandara Kalimarau Berau perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan mobil umum (disebut Taxi Kijang) menuju Tanjung Batu selama kurang lebih 2 jam. Dari pelabujan Tanjung Batu, perjalanan dilanjutkan dengan menumpang perahu penyebrangan reguler langsung ke Pulau Derawan, hampir sama dengan penyebrangan dari Bangsal ke Gili Trawangan Lombok, perahu penyebrangan tidak akan berangkat sebelum penumpangnya terisi penuh, penyebrangan ini ditempuh sekitar 45 menit dan sampailah anda di Pulau Derawan yang sangat eksotik. (indotravelers.com)


Peta Lokasi Pulau Derawan


Artikel Lainya