Selain terkenal dengan keunikan budaya serta keindahan alamnya, Bali juga memiliki segudang daya tarik wisata lain yang tak kalah menarik, salah satunya ialah wisata kuliner. Cita rasa masakan Bali merupakan perpaduan antara masakan Jawa dan Lombok, bahkan tidak sedikit makanan khas Lombok seperti Ayam Taliwang dan Pelecing Kangkung juga dapat ditemukan dengan mudah di Bali.


Ayam Betutu
Makanan ini merupakan salah satu masakan original khas Bali, tepatnya berasal dari kawasan Gilimanuk dan Gianyar, tak heran jika banyak terdapat restaurant dan rumah makan Ayam Betutu di kedua tempat ini. Saat ini Ayam Betutu sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan di Bali, sehingga untuk mendapatkannya tidaklah sulit. Banyak restaurant besar di pusat kota menyajikan menu Ayam Betutu, bahkan juga bisa dipesan di hotel-hotel berbintang.

Ayam Betutu Gilimanuk Bali

Dikalangan masyarakat Bali, masakan Ayam Betutu kerap disajikan pada pesta dan upacara adat. Apabila anda memiliki waktu, sempatkanlah untuk mencoba masakan ini di tempat aslinya yaitu di kawasan Gilimanuk dan Gianyar Bali. Baca artikel tentang Ayam Betutu.


Nasi Ayam Kedewatan
Di sepanjang jalan Raya Kedewatan kini banyak dijumpai rumah makan Nasi Ayam yang sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan. Kawasan ini dekat dengan kawasan wisata Ubud, banyak juga wisatawan yang melewati jalan ini untuk menuju lokasi wisata arung jeram. Nasi Ayam Kedewatan merupakan nasi dengan lauk berupa ayam bumbu, sebuah sate lilit, sepotong telur pindang, sambal dengan kacang goreng serta sayuran antara lain berupa kacang panjang. Rasanya lezat dan pedas.

Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

Salah satu rumah makan nasi ayam kedewatan yang cukup terkenal ialah Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku. Terletak tepat di depan Pura Malanting Kedewatan, Rumah Makan Nasi Ayam Ibu Mangku cukup menarik dengan bangunan tradisional Bali, pilihlah lokasi makan di belakang (masuk dari samping rumah makan) di mana terdapat halaman yang sangat cantik dan pengunjung dapat menikmati Nasi Ayam sambil lesehan di tempat yang sudah tersedia.


Seafood Di Pantai Jimbaran
Siapa yang tak kenal Pantai Jimbaran, hampir semua wisatawan yang berkunjung ke Bali pasti menyempatkan diri untuk berkunjung ke pantai indah yang dipenuhi oleh restaurant seafood terbaik yang ada di Bali ini. Pantai Jimbaran menghadap ke barat, sehingga tempat ini sempurna untuk menyaksikan keindahan matahari terbenam. Pantai ini juga menghadap ke Bandara Internasional Ngurah Rai Bali, sehingga setiap beberapa menit sekali anda dapat menyaksikan pemandangan pesawat yang akan mendarat menghiasi langit yang memerah.

Seafood Jimbaran

Sebaiknya anda datang ke kawasan Jimbaran di sore hari saat matahari akan terbenam sampai dengan malam hari karena aktifitas wisata di Jimbaran memang berlangsung pada waktu tersebut. Kombinasi antara menikmati hidangan seafood lezat dengan latar belakang matahari terbenam merupakan perpaduan yang romantis dan sulit untuk dilupakan.


Nasi Pedas Ibu Andika
Terletak di Jalan Raya Kuta Gang Kubu No.120 C, tepatnya di depan Supernova / Joger, rumah makan ini sudah sangat terkenal bagi wisatawan di Bali baik lokal maupun manca negara. Hampir semua olahan makanan di rumah makan ini memiliki rasa yang pedas, namun apabila masih dirasa kurang, anda bisa menambahkan sambal pedas yang juga menjadi ciri khas rumah makan ini.



Hidangan utama Rumah Makan Nasi Pedas Ibu Andika berupa nasi, ayam suwir bumbu, sate ayam, mie goreng, perkedel jagung, semur daging, kulit ayam bumbu, tahu santan kuning dan banyak menu lainnya. Anda bisa bebas memilih menu apa saja yang anda suka yang hampir dipastikan kesemuanya memiliki cita rasa yang pedas.


Ayam Taliwang
Sejatinya ayam Taliwang bukanlah masakan asli Bali, melainkan berasal dari Pulau Lombok, namun di Bali sendiri banyak ditemukan restaurant yang menjual Ayam Taliwang. Biasanya Ayam Taliwang disajikan dengan nasi dan Plecing Kangkung yang juga berasal dari Lombok.

Ayam Taliwang

Seperti kebanyakan olahan ayam di Bali, Ayam Taliwang disajikan dengan bumbu yang lezat dan pedas. Namun saat ini terdapat rumah makan Ayam Taliwang yang memberi pilihan rasa yang tidak terlalu pedas untuk anda yang menginginkannya. Salah satu rumah makan Taliwang yang cukup terkenal ialah Rumah Makan Ayam Taliwang Bersaudara yang terletak di Jalan Raya Kuta, bisa dihubungi di no telepon (0361)752923, rumah makan ini terkenal dengan masalah ayam taliwang bakarnya yang lezat.


Kopi Bali
Lalu apakah ada yang tidak pedas di Bali?, mari kita rehat sedikit dari semua makanan pedas dengan menikmati secangkir kopi Bali yang terdapat di kawasan agro wisata kopi Sukawati Bali. Kebanyakan tempat wisata kopi dikemas sedemikian rupa menjadi wisata agro yang menarik, lengkap dengan kebun kopi mini, peralatan pengolahan kopi sampai dengan binatang luwak sebagai sumber penghasil kopi luwak.

Wisata Kopi Bali

Setelah berkeliling sambil mendapat penjelasan tentang proses penanaman sampai pengolahan kopi oleh staff setempat, pengunjung akan disajikan minuman kopi dari berbagai jenis, mulai dari kopi jahe, kopi hitam dan aneka jenis kopi lainnya termasuk minuman teh, uniknya kesemuanya disajikan secara geratis, hanya saja untuk secangkir kopi luwak pengunjung harus membayar sekitar Rp. 50.000 / gelas. Selesai menikmati aneka kopi yang disajikan, pengunjung kemudian bisa membeli kopi untuk di bawa pulang.

Wisata Kopi Bali

Kawasan agro wisata kopi ini memiliki suasana tenang dan teduh sehingga cocok untuk rehat sejenak wisatawan yang tengah berkeliling mengunjungi objek wisata di Bali. Salah satu tempat agro wisata kopi yang cukup terkenal ialah Nagari Luwak Cofee, baca artikel mengenai wisata kopi Bali di sini..


Sate Kakul
Sate kakul merupakan sate siput sawah / bekicot, makanan ini konon merupakan makanan kampung dari pedesaan di kawasan Ubud yang memang terkenal banyak memiliki area persawahan, namun karena kelezatannya saat ini menjadi sangat digemari oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Warung Sate Kakul yang cukup terkenal ialah Pan Putu, terletak di kawasan Jalan A. Yani Denpasar. Selain sate kakul, Bali juga terkenal dengan Sate Lilit baik ayam maupun ikan.

Selain beberapa makanan khas yang telah disebutkan di atas, Bali masih memiliki panganan lain yang patut untuk anda coba, antara lain Nasi Campur Bali, Tipat Kuah (ketupat dengan bumbu kuning & lauk pauk), Tum Ayam (sejenis pepes ayam), Nasi Jinggo (nasi kucing bali) dan lainnya. Selamat menikmati aneka makanan khas Bali yang lezat, tetaplah perhatikan kebersihan makanan dan kondisi kesehatan perut anda agar tidak sampai terjangkit penyakit pencernaan. (indotravelers.com)


Artikel Lainya