Taman Safari Bogor

Taman Safari Bogor merupakan sebuah kebun binatang raksasa dengan ribuan satwa yang sebagian besar dibiarkan berkeliaran secara bebas, Taman Safari juga dilengkapi dengan taman rekreasi yang lengkap dan luas dengan aneka pertunjukan serta fasilitas seperti kolam renang & water park, kereta gantung, bermacam-macam arena bermain anak-anak serta dewasa. Fasilitas penunjang wisata lainya seperti restaurant dan hotel juga tersedia. Dengan kelengkapan tersebut Taman Safari saat ini bukanlah sekedar tempat untuk melihat binatang, namun sebuah tempat wisata keluarga lengkap yang berwawasan lingkungan.


Selain wisata, Taman Safari juga memiliki fungsi sebagai pusat konservasi hewan termasuk berbagai jenis hewan langka, lembaga konservasi yang sudah berkiprah selama puluhan tahun ini telah menerima banyak sekali penghargaan baik dari dalam maupun luar negeri. Taman Safari Bogor terletak di kaki gunung Gede Pangrango, berada di ketinggian sekitar 900-1800 meter di atas permukaan laut dengan udara yang sejuk bersuhu 15 sampai 25 derajat celcius, taman ini pada mulanya dibangun di bekas lahan perkebunan kina seluas sekitar 50 Ha, seiring dengan waktu saat ini Taman Safari telah memiliki luas sekitar 168 Ha dengan koleksi satwa yang lengkap dari berbagai negara.

Taman Safari Bogor

Salah satu keunikan Taman Safari ialah pengunjung dapat berkeliling menggunakan mobil pribadi melihat satwa yang berkeliaran bebas atau yang disebut dengan Safari Journey. Untuk satwa tertentu pengunjung bahkan diperbolehkan memberi makan sehingga dapat berinteraksi langsung bahkan bersentuhan, makanan yang diberikan biasanya berupa wortel yang bisa dibeli di sepanjang jalan menuju Taman Safari. Namun di bagian hewan tertentu seperti harimau dan singa tentu saja pengunjung dilarang untuk membuka jendela apalagi memberi makan karena berbahaya. Untuk pengunjung yang tidak membawa kendaraan pribadi bisa menggunakan bus dan kendaraan wisata yang disediakan oleh pihak Taman Safari.

Taman Safari Bogor

Jalan yang dilalui selama safari journey cukup luas, anda bisa berhenti sejenak untuk mengamati hewan tertentu tanpa perlu khawatir terjadi kemacetan terutama disaat ramai pengunjung. Namun sebaiknya anda berhati-hati karena di beberapa tempat jalan akan menanjak dan menurun dengan cukup curam. Ketika melewati sungai-sungai kecil, aliran air dibiarkan melewati jalan tanpa jembatan, membuatnya terlihat alami dan memberikan nuansa petualangan. Safari Journey memakan waktu sekitar 45 menit sampai dengan 1 jam.


Selesai dari kegiatan safari journey, pengunjung bisa langsung masuk ke kawasan taman rekreasi yang tak kalah luasnya untuk menikmati banyak wahana wisata berupa pertunjukan edukasi maupun permainan. Berikut beberapa wahana wisata yang dapat dikunjungi berikut jadwalnya:

Pertunjukan Edukasi

Elephant Show : Setiap hari jam 11.30 dan 16.30 berlokasi di Plaza Gajah, Taman Rekreasi.

Dolphin Show : Setiap hari jam 13.00 dan 16.30 berlokasi di Taman Rekreasi

Cowboy Show : Setiap hari jam 14.30 berlokasi di Wild Wild West Cowboy, Taman Rekreasi. Jadwal tambahan di hari sabtu, minggu & hari libur jam 13.30 dan 15.30

Various Animal Show : Setiap hari jam 11.30 dan 15.00 berlokasi di Taman Rekreasi

Tiger Show : Setiap hari jam 13.30 dan 16.00 berlokasi di Taman Rekreasi

Sea Lions Show : Setiap hari jam 11.30 dan 15.00 berlokasi di Taman Rekreasi

Birds Of Frey Show : Setiap hari jam 14.00 dan 15.30 berlokasi di Taman Rekreasi

Globe Of Death : Setiap hari jam 14.30 dan 16.00 berlokasi di Taman Rekreasi

Safari Thetre : Setiap hari jam 15.30 berlokasi di Taman Rekreasi. Jadwal tambahan di hari sabtu, minggu & hari libur jam 13.30 dan 15.30

Aktivitas Lainya

Baby Zoo : tempat dimana wisatawan terutama anak-anak dapat melihat dan berinteraksi langsung dengan aneka satwa dan berfoto sebagai kenang-kenangan, beberapa satwa yang ada antara lain Orangutan, Singa, Harimau, Macan tutul dan Ular.

Komodo Dragon Island : sebuah wahana dimana pengunjung bisa melihat binatang reptil langka yaitu Komodo dengan lingkungan yang dibuat mirip dengan habitat aslinya di Nusa Tenggara. Wahana ini dibuat dengan konsep hijau dimana sumber listrik yang digunakan menggunakan tenaga matahari.

Satwa Tunggang : Pengunjung dapat mencoba untuk menunggagi beberapa satwa yang sudah dilatih seperti gajah dan unta. Untuk anak-anak bisa mengendarai kuda poni yang lucu dan berukuran kecil.

Australian Outback : Tidak perlu jauh-jauh pergi ke Australia untuk dapat menyaksikan dan berinteraksi langsung dengan binatang kangguru yang dibiarkan bebas berkeliaran di sekitar anda.

Bird Aviary : merupakan taman burung yang indah dengan burung-burung yang dibiarkan bebas. Taman ini dihuni oleh lebih dari 1000 burung dari 90 spesies berbeda dari berbagai negara di dunia.

Safari Trek & Outbound : Kegiatan hiking di hutan sekitar kawasan Taman Safari sambil mempelajari aneka vegetasi yang ada, diselingi dengan games outbound yang menyenangkan.

Safari Malam : Wisatawan yang ingin menikmati safari journey dengan cara yang berbeda bisa mengikuti kegiatan safari malam, melihat kehidupan satwa liar di malam hari memberikan nuansa yang berbeda dari biasanya dan memberikan pengalaman unik yang tak terlupakan. Saksikan pula pertunjukan fire dance di akhir acara sebagai penutup.

Safari Waterpark : berbasah ria di kolam renang dan waterpark dengan sumber air alam yang sejuk dan menyegarkan, di sini anda juga bisa bersantai dengan beberapa binatang yang telah jinak seperti linsang dan angsa hitam, masih kurang menantang? Anda bisa mencoba untuk berenang bersama buaya, berani mencoba?.

Taman Safari Bogor

Demikian beberapa aktivitas dan pertunjukan yang ada di Taman Safari, masih banyak yang lainya seperti kereta gantung, jurassic train, air terjun curug jaksa dan banyak lagi yang lainya.

Restoran Dan Penginapan Di Taman Safari.

Beraktivitas seharian penuh di Taman Safari yang luas tentu cukup membuat pengunjung merasakan lapar dan haus, tidak perlu khawatir karena terdapat sedikitnya 6 buah restoran yang tersebar di dalam kawasan Taman Safari dengan menu yang beragam, mulai dari masakan china, barat, sunda, padang dan jepang. Apabila ingin sedikit berbeda, anda bisa mencoba untuk bersantap bersama orangutan di restoran Safari Kuring.

Di waktu-waktu tertentu seperti akhir pekan dan liburan panjang, jalan raya puncak akan dipadati oleh wisatawan dan menjadi sangat macet, untuk menghindarinya mungkin anda bisa mencoba untuk menginap di Taman Safari. Penginapan berupa caravan yang berada di lingkungan hijau pepohonan di pinggir danau yang cantik patut untuk dicoba, memiliki fasilitas yang lengkap seperti kolam renang, jacuzzi, lapangan badminton dan ruang pertemuan. Informasi dan pemesanan Caravan bisa melalui telepon di nomor: (0251) 8250000.

Meninggalkan Taman Safari jangan lupa untuk membeli aneka souvenir khas yang dapat anda beli di toko souvenir Safari Wonders yang tersebar di beberapa sudut taman safari.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Taman Safari

Taman Safari dibuka mulai jam 09.00 dengan harga tiket sebagai berikut :

Taman Safari Bogor

Pengunjung dewasa (usia diatas 6 tahun) : Rp. 150.000 (Domestik), Rp. 300.000 (Internasional)
Anak usia dibawah 5 tahun : Rp. 140.000 (Domestik), Rp. 250.000 (Internasional)
Kendaraan roda 4 : Rp. 15.000
Kendaraan roda 2 : Rp. 5.000

Catatan: Harga tersebut di atas merupakan harga tiket terusan, namun di beberapa tempat pengunjung harus membayar tiket masuk tambahan, seperti misalnya kereta gantung yang memiliki tarif Rp.50.000 / orang. (IndoTravelers)


Peta Lokasi Taman Safari Bogor


Artikel Lainya