Paket Arung Jeram Di Ciwidey

Tempat Wisata Di Kota Cirebon Dan Sekitarnya.

Menyimpan sejarah masa lampau yang sangat panjang sejak jaman Kerajaan Nusantara sampai dengan zaman penjajahan belanda, Cirebon sampai saat ini masih menyimpan banyak peninggalan sejarah yang layak untuk dikunjungi. Selain daya tarik sejarah, Cirebon meiliki daya tarik lain yaitu wisata kuliner, dengan makanan khas yang unik dan tak ditemukan di tempat lain, Cirebon merupakan salah satu surga wisata kuliner di Indonesia.


Berikut adalah beberapa tempat wisata yang dapat anda kunjungi selama berwisata di kota Cirebon:

Keraton Kasepuhan

Keraton Kasepuhan merupakan keraton terbesar di Cirebon, keraton ini dibangun pada tahun 1452 oleh Pangeran Cakrabuana, kondisinya tak sebaik keraton Jogja namun cukup layak untuk dikunjungi utamanya bagi anda yang belum pernah mengunjunginya. Di dalamnya terdapat museum yang menyimpan aneka barang peninggalan yang mengandung nilai sejarah sangat tinggi.



Keraton Kanoman

Keraton Kanoman merupakan salah satu bangunan keraton yang ada di Kota Cirebon, letaknya di pusat kota dekat dengan pasar, keraton ini dibangun pada sekita tahun 1678 dan sampai saat ini masih ada dan tetap menjaga tradisinya. Keraton Kanoman memiliki lahan yang sangat luas, namun sayang sekali tampak kurang terawat namun masih cukup layak untuk dikunjungi wisatawan. Sebaiknya jangan memakai perhiasan yang mencolok atau membawa barang berharga ketika mengunjungi keraton Kanoman maupun Kasepuhan untuk menghindari hal yang tak diinginkan.

Alun alun keraton kanoman

Tips: Suasana keraton terkadang sangat sepi sehingga sebaiknya anda berhati-hati, banyak pedagang asongan yang akan mendatangi anda untuk menjual barang serta tour guide lokal, bersikaplah ramah sambil menanyakan harga dan jasa guide yang ditawarkan.

Keraton Kacirebonan

Dibangun pada tahun 1800, walaupun memiliki nama keraton bangunan ini lebih mirip bangunan kolonial dengan arsitektur Belanda yang mencolok. Di dalam keraton Kacirebonan tersimpan beberapa peninggalan sejarah seperti keris, wayang, perlengkapan perang, gamelan dan benda-benda antik lainnya. Di keraton ini sering dilaksanakan upacara adat seperti upacara Panjang Jimat dan upacara-upacara adat lainnya.


Taman Sari Gua Sunyaragi

Gua Sunyaragi merupakan bekas sebuah tempat peristirahatan dan meditasi bagi Sultan Cirebon, di tempat ini terdapat bangunan yang dibuat mirip gua / candi dengan danau di sekelilingnyan, namun saat ini danau yang dimaksud sudah mengering dan menghilang menjadi rumah penduduk. Tempat ini sangat menarik dan layak untuk dikunjungi wisatawan yang ada di Cirebon.

Taman Sari Gua Sunyaragi

Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Mesjid yang sudah ada sejak tahun 1480 ini merupakan mesjid tertua di Cirebon dan sudah ada sejak zaman Wali Songo. Mesjid ini juga sering disebut dengan nama Mesjid Agung Cirebon atau Mesjid Agung Kasepuhan. Apabila anda seorang muslim, sempatkanlah untuk sholat berjamaah di mesjid ini dan merasakan atmosfir yang unik dan berbeda.

Bangunan masjid dengan gaya arsitektur perpaduan Demak dan Majapahit ini memiliki ukiran bunga teratai yang dibuat langsung oleh Sunan Kalijaga, bangunan utamanya memiliki 9 pintu yang melambangkan Wali Songo / Wali Sembilan.

Makam Sunan Gunung Jati

Sunan Gunung Jati atau Pangeran Syarif Hidayatullah merupakan salah satu ulama besar, tak heran jika makamnya saat ini banyak dikunjungi oleh peziarah dari seantero nusantara. Makam Sunan Gunung Jati ini memiliki nama Wukir Sapta Rengga, terdiri dari sembilan tingkat dan Sunan itu sendiri dimakamkan di tingkatan paling atas. Selain sebagai tempat wisata ziarah dan spiritual, situs makam ini juga menyimpan banyak keunikan yang menarik untuk disaksikan secara langsung.

Tips: Di waktu-waktu tertentu tempat ini akan sangat ramai oleh peziarah yang datang dengan menggunakan bus besar.

Batik Trusmi

Sedikit di luar pusat kota Cirebon, terdapat sebuah tempat pusat pengrajin batik yang sudah sangat terkenal di Cirebon, aneka jenis batik dijual di tempat ini , sangat cocok untuk anda yang akan berburu oleh-oleh khas Corebon untuk dibawa pulang.

Batik Trusmi

Nama Trusmi itu sendiri berasal dari nama seorang tokoh Islam yang konon murid setia dari Sunan Gunung Jati, yaitu Ki Gede Trusmi. Beliau mengajarkan Islam kepada penduduk setempat sekaligus mengajarkan cara membatik. Sampai saat ini makam Ki Gede Trusmi masih terawat dengan baik dan sering digunakan sebagai tempat ziarah.

Tips: Berbelanja di tempat ini sebaiknya jangan terburu-buru, datangilan beberapa gerai butik sebelum memutuskan untuk membeli.

Nasi Lengko Pagongan H. Barno

Ini adalah salah satu tempat wisata kuliner yang tidak boleh terlewatkan di Cirebon. Rumah makan yang sudah ada sejak lama ini memang sudah cukup terkenal baik dikalangan wisatawan maupun penduduk lokal, hidangan utama berupa salah satu makanan khas Cirebon yaitu Nasi Lengko, menu tambahan lain yakni sate kambing serta es durian yang lezat.

Nasi Lengko Pagongan

Nasi Lengko H. Barno terletak di Jalan Pagongan No. 15B Cirebon.

Ayam Goreng Bahagia 71 (Hj. Sunarti)

Tidak lengkap rasanya jika mengunjungi kota Cirebon tanpa mencicipi Ayam Goreng Bahagia 71, walaupun makanan ini bukanlah makanan khas Cirebon layaknya empal gentong, nasi lengko, nasi jamblang atau tahu gejrot, namun ayam goreng bahagia 71 sepertinya saat ini sudah menjadi salah satu tujuan wisata kuliner Cirebon yang tak boleh dilewatkan.

Nasi Jamblang Mang Dul

Selain Nasi Lengko, masih ada nasi khas Cirebon lainnya yaitu Nasi Jamblang, untuk yang satu ini, Nasi Jamblang Mang Dul adalah juaranya.

Berbeda dengan Nasi Lengko yang disajikan sudah lengkap dengan sayuran, potongan tempe, sambal kacang dan daun kucay, saat anda membeli nasi jamblang anda hanya akan mendapatkan sekepal nasi putih yang dibungkus oleh daun jati, lalu anda sendiri yang memilih lauk pauknya. Rasanya cukup lezat dengan harga yang cukup murah.

Nasi Jamblang Ibu Nur

Selain Mang Dul, anda bisa menikmati makanan khas Cirebon Nasi Jamblang di rumah makan Nasi Jamblang Ibu Nur, pada dasarnya makanan yang disajikan hampir sama, hanya saja dikelola lebih baik dengan tempat makan yang bersih dan berpendingin udara. Harga setiap makanan tertera di daftar menu sehingga anda dapat menghitung sendiri berapa harga yang harus dibayar untuk menu yang anda pilih.

Nasi Jamblang

Empal Gentong Mang Darma

Satu lagi makanan khas Cirebon yang tak boleh terlewatkan, yakni empal gentong. Salah satunya ialah Empal Gentong Mang Darma yang terletak di Jalan Selamet Riyadi No. 1 Cirebon. Rasanya lezat dan khas karena dibakar di dalam gentong dengan menggunakan kayu pohon asem yang konon memberikan aroma khas.

Semangkuk empal gentong dapat dinikmati dengan sepiring nasi atau lontong sesuai dengan selera anda. Harganyapun sangat murah dan terjangkau. Saking ramainya tempat ini sampai-sampai banyak pengunjung yang kehabisan terutama di sore hari, jadi saran kami ialah untuk datang ke tempat ini di pagi hari sampai dengan siang hari.

Empal Asem Amarta

Tempat ini sejatinya menjual empal gentong, namun sekaligus juga menjual empal asem dan konon merupakan pelopor empal asem di Cirebon. Berbeda dengan empal gentong yang menggunakan kuah santan, empal asem menggunakan kuah bening dengan bumbu asem yang segar. Tempat ini juga menjual sate kambing muda yang dapat anda pesan untuk melengkapi menu makan anda.

Empal Asem Amarta

Empal Asem Amerta terletak di Jalan Ir. H Juanda no. 37 Battembat, Cirebon. Bisa dihubungi melalui telepon di nomor : 081324293392.

Empal Asem H. Apud

Terletak tidak jauh dari Empal Asem Amarta, rumah makan Empal Gentong dan empal Asem H. Apud dapat anda jadikan alternatif tempat wisata kuliner panganan khas cirebon ini, memiliki tempat yang lebih luas namun cukup ramai dikunjungi oleh tamu sehingga sering kali sulit mendapatkan tempat terutama di waktu-waktu makan seperti siang dan malam hari.

Empal Asem  H. Apud

Terdapat dua ruangan utama untuk tamu di dalam rumahmakan ini, bagian luar tanpa AC dan bagian lain dengan AC, kecuali anda adalah seorang perokok, kami sarankan untuk memilih ruangan dengan pendinin AC, karena ruang makan di bagian luar banyak terdapat lalat yang sangat mengganggu.

Empal Asem  H. Apud

Menu berupa empal gentong, empal asem dan sate kambing muda dengan harga yang relatif terjangkau. Rumah makan ini terletak di Ir. H Juanda no. 24 Battembat, Cirebon. Beberapa menit dari pusat kota Cirebon ke arah Bandung.

Mie Koclok Panjunan

Mie rebus dengan kuah putih kental ditambah sayuran dan suiran daging ayam dan potongan telur rebus ini memang merupakan salah satu makanan khas Cirebon dan telah melengkapi kekayaan kuliner Cirebon. Rasanya cukup lezat terutama dimakan saat panas ditemani segelas teh manis hangat atau teh poci. Harganya sangat terjangkau dan tidak perlu merogoh kocek dalam untuk dapat menikmatinya.

Mie Koclok Panjunan

Tahu Gejrot

Lagi-lagi soal makanan, siapa yang tidak kenal tahu gejrot, makanan khas Cirebon ini bahkan sudah dijajakan sampai ke kota lain sperti Bandung dan Jakarta. Olahan tahu goreng dengan bumbu berupa air asam, gula merah, bawang merah mentah dan cabai rawit ini sangat segar di makan di siang hari, harganyapun sangat terjangkau.

Tahu Gejrot



Artikel Lainya