Benteng Pendem Cilacap

Benteng Pendem terletak ujung pantai Teluk Penyu, tepat di samping kilang minyak Cilacap milik Pertamina. Benteng ini dibangun oleh pemerintah kolonial belanda pada tahun 1861 dengan tujuan untuk melindungi jalur pelayaran dan perdagangan mereka yang melewati pantai Cilacap. Benteng Pendem pernah menghilang terpendam pasir dan digali kembali untuk menjadi lokasi wisata setelah tergali oleh Pertamina pada sekitar tahun 1985 dalam rangka pembangunan Kilang Cilacap. Benteng ini kemudian dibuka untuk kepentingan pariwisata dan sejarah pada tahun 1986 setelah mengalami beberapa renovasi.


Benteng Pendem Cilacap

Benteng Pendem Cilacap

Walaupun sudah dilakukan upaya penggalian kembali, sepertinya masih banyak bagian dari Benteng Pendem yang belum terekspose atau sudah rusak, konon terdapat terowongan bawah laut yang menghubungkan benteng ini dengan benteng lainya di pulau Nusa Kambangan, sebuah benteng Belanda lainya yang kini kondisinya lebih mengkhawatirkan. Lokasi Benteng Pendem yang terletak di pinggir pantai, terekspose air laut dan kelembaban yang tinggi sepertinya telah merusak struktur bangunan benteng ini secara sistimatis.

Benteng Pendem Cilacap

Benteng Pendem Cilacap

Benteng Pendem Cilacap

Saat ini beberapa struktur benteng yang masih dbisa dilihat dengan jelas antaralain berupa parit parit pertahanan yang masih terisi air, ruangan-ruangan dengan berbagai fungsi seperti penjara, barak tentara, klinik kesehatan dll, tembok pertahanan dengan lubang-lubang menyempit untuk melihat ke bagian luar benteng atau mungkin untuk menembak, dan beberapa pondasi dari beton berlandaskan besi baja untuk landasan meriam yang sudah tidak ada di tempatnya lagi. Karena mayoritas bangunan benteng dalam keadaan tidak terawat dan lembab, banyak orang menganggap tempat ini sangat angker, bahkan Benteng Pendem kerap kali dijadikan lokasi shooting acara yang berbau mistis dan uji keberanian melawan makluk halus.


Benteng Pendem Cilacap

Dutch East Indies Ancient 1882

Seperti kebanyakan objek wisata di Indonesia, di tempat ini dibangun taman bermain dan patung patung dinosaurus yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan sejarah benteng, namun cukup menghibur bagi pengunjung terutama anak-anak. Salah satu bagian barit pertahanan yang masih ada dijadikan arena untuk bermain perahu, terdapat beberapa warung kecil yang menjual makanan. Walaupun terlihat kurang terawat, benteng ini bisa menggambarkan betapa pentingnya kota Cilacap bagi pemerintah kolonial Belanda terutama kaitanya dalam pengamanan jalur perdangangan mereka di Pulau Jawa.

Harga tiket masuk Benteng Pendem ialah Rp. 5.000 / Orang sudah termasuk asuransi. (Indotravelers)

Peta Lokasi Benteng Pendem Cilacap


Artikel Lainya