Wisata Cilacap

Kota Cilacap terletak di bagian barat dari pesisir selatan Jawa Tengah dekat dengan berbatasan wilayah Jawa Barat, kota kecil dan asri ini terlihat bersih dan ramah, memiliki kontur yang landai dengan semboyan Cilacap Bercahaya. Walaupun tampak sepi dan jauh dari hingar bingar kota besar, kota Cilacap sejatinya merupakan sebuah kota industri tempat beberapa industri raksasa berada, seperti Kilang Pertmina terbesar di Indonesia, pabrik tepung Bogasari dan pabrik semen Holcim.


Akses menuju kota Cilacap bisa ditempuh melalui jalur selatan melewati Wangon atau melalui beberapa rute alternatif seperti jalan memotong dari arah Pangandaran melewati Sidareja atau dari timur arah Yogyakarta melewati Jalur Daendels dan beberapa rute alternatif lainya. Kondisi jalan sudah sangat baik, beberapa jalan alternatif seperti Sidareja - Gandrung Mangu memiliki lebar cukup sempit, namun masih layak untuk dilewati kendaraan pribadi dengan nyaman.

Pantai Teluk Penyu Clacap
Pantai Teluk Penyu

Untuk urusan pariwisata, tidak terlalu banyak yang bisa ditemui di kota kecil ini, sepertinya Cilacap memang bukanlah kota tujuan wisata, beberapa objek wisata yang ada lebih diperuntukan bagi wisatawan lokal atau mereka yang kebetulan sedang berada di Cilacap untuk berbagai keperluan. Cilacap juga sangat identik dengan pulau Nusa Kambangan, tempat para narapidana kelas kakap dipenjarakan, namun sejatinya pulau berbatu ini juga memiliki daya tarik wisata alam dan sejarah yang layak untuk dikunjungi.

Benteng Pendem Cilacap
Benteng Pendem

Dari sisi akomodasi Cilacap sudah memiliki beberapa hotel dengan kualitas baik berbintang 3, diantaranya ialah favehotel Cilacap, Atrium Premiere, Dafam Hotel dan beberapa hotel lainya. Fasilitas ini cukup mengakomodir tamu - tamu baik lokal maupun asing yang memang banyak berkunjung untuk bertugas di indusri-industri raksasa Cilacap. Hotel-hotel ini tentunya juga diperuntukan untuk wisatawan / pengunjung lainya yang akan menginap di kota Cilacap.

Sate Martawi Cilacap
Sate Martawi Cilacap

Beberapa objek wisata yang cukup terkenal di Cilacap ialah Pantau Teluk Penyu dan Benteng Pendem, kedua lokasi ini terletak berdekatan dan merupakan tujuan wisata utama di kawasan Kota Cilacap. Di Nusa Kambangan, beberpa objek wisata yang menarik diantaranya ialah Pantai Pasir Putih dan Benteng Karang Bolong. Objek-objek wisata ini bisa ditempuh menggunakan jasa perahu nelayan dari kawasan wisata pantai Teluk Penyu dengan biaya yang relatif murah. Untuk wisata kuliner Cilacap merupakan pusat dari Tempe Mendoan yang bisa dinikmati di hampir setiap tempat keramaian seperti alun-alun. Atau cobalah menikmati Sate Martawi, sup dan hidangan lain di beberapa kedai makan yang cukup ramai di sepanjang jalan Mayjen Panjaitan, tidak terlalu jauh dari Alun-alun Cilacap. (Indotravelers)


Artikel Lainya