Sunrise Bukit Sikunir Dieng

Puncak bukit Sikunir memiliki pemandangan matahari terbit yang sangat indah. Wisatawan dari dalam dan luar negeri mulai memadati rute pendakian sepanjang kurang lebih 1 km di pagi buta, menyusuri jalan setapak sempit dan menanjak terjal menuju puncak bukit Sikunir untuk melihat keindahan Golden Sunrise Bukit Sikunir berlatar Gunung Sindoro dan Sumbing yang menawan.


Perjalanan pendakian ini memakan waktu sekitar 30 menit, melewati jalan yang menanjak di tepian jurang. Beberapa kawasan jalur pendakian sudah diberi perkerasan (paving block) dan pembatas jalan dengan tali serta pengaman, namun di beberapa tempat jalur pendakian masih alami berupa tanah yang berdebu di musim panas dan licin di musim hujan. Wisatawan yang belum berpengalaman dengan aktivitas mendaki gunung sebaiknya berhati-hati dan mempersiapkan diri dengan baik, gunakan alas kaki dan pakaian yang memadai untuk kegiatan di luar ruangan serta membawa air minum untuk mencegah dehidrasi.

Sunrise Bukit Sikunir Dieng

Karena pendakian umumnya dimulai di pagi buta, udara di kawasan Sikunir dengan ketinggian sekitar 2.200 meter di atas permukaan laut akan menjadi sangat digin, terlebih lagi suhu udara ketika sampai di puncak. Oleh karena itu persiapkan pakaian hangat seperti jaket, sarung tangan dan pelindung kepala untuk melawan hawa dingin ketika menikmati atau menunggu matahari terbit. Ada baiknya pengununjung juga membawa makanan kecil atau termos air yang bisa menahahan suhu air minum tetap hangat.

Sunrise Bukit Sikunir Dieng

Sunrise Bukit Sikunir Dieng

Walaupun hanya melakukan aktivitas pendakian ringan, sebaiknya wisatawan juga tidak meremehkan pendakian Bukit Sikunir ini, tetaplah waspada terutama kaitanya dengan kondisi ketinggian seperti suhu udara yang dingin, jalan yang menanjak dan kadar oksigen yang tipis. Mendakilah dengan santai / tidak terburu-buru agar tubuh anda dapat beradaptasi dengan perubahan ketinggin. Waspadai gejala penyakit ketinggian seperti sakit kepala dan pusing. Segeralah turun jika anda merasa ada yang tidak beres dengan tubuh anda. Perbanyak minum air putih selama perjalanan untuk menghindari gejala dehidrasi, walaupun anda tidak merasa haus. Aktivitas luar ruangan di udara dingin sering kali mengaburkan gejala dehidrasi, tubuh kekurangan cairan sementara anda tidak merasa haus sama sekali.

Sikunir Dulu Dan Sekarang

Begitu banyaknya wisatawan yang mengunjugi Sikunir sedikit banyak telah merubah wajah kawasan ini. Tepian telaga Cebong sebagai titik awal pendakian menuju puncak Sikunir yang dulu sangat sepi kini telah berubah menjadi kawasan parkir kendaraan mobil dan motor wisatawan, bahkan sepintas menjadi mirip sebuah pasar yang sangat ramai terutama di musim liburan. Di sisi lain dari Telaga Cebong banyak berdiri tenda-tenda, ya saat ini kawasan Sikunir juga digunakan sebagai tempat berkemah yang cukup ramai. Walaupun mobil diperbolehkan untuk masuk sampai ke tepian telaga Cebong, wistawan sebaiknya sangat berhati-hati karena jalan yang dilalui sangat sempit, berkelok tajam dan menurun / menanjak cukup curam, pastikan kondisi kendaraan anda dalam keadaan prima.

Sunrise Bukit Sikunir Dieng
Tugu Sikunir Tahun 2013

Sunrise Bukit Sikunir Dieng
Tugu Sikunir Tahun 2017

Awal jalur pendakian menuju Puncak Sikunir kini sudah dipenuhi oleh warung-warung yang menjual makanan dan minuman. Warung-warung ini juga menyediakan kursi-kursi untuk wisatawan beristirahat setelah lelah mendaki, sambil menyantap menu andalan berupa kentang balado / rendang kentang, yaitu panganan ringan berupa kentang berukuran kecil yang dimasak dengan bumbu rendang. Ada juga menu lain seperti aneka gorengan dan minuman hangat yang sangat cocok disantap di dinginya udara Dieng.


Kondisi jalan setapak menuju puncak bukit Sikunir yang sebelumnya terbuat dari tanah sekarang sebagian sudah dibuat lebih rapi menggunakan paving block atau batu tersusun rapi sehingga memudahkan wisatawan melakukan pendakian. Loket pembayaran tiket yang dulu terletak di sini bergeser ke dekat pintu masuk desa Sembungan. Beberpa penginapan mulai berdiri di dekat Sikunir, seperti Homestay Cahaya Sikunir yang cukup terkenal dan beberapa losmen / homestay lainya.

Sunrise Bukit Sikunir Dieng

Demikian kemajuan pariwisata sepertinya telah merubah wajah kawasan Sikunir, Telaga Cebong dan desa Sembungan, semoga perubahan yang terjadi bisa membawa dampak positif bagi masyarakat sekitar dan tentu saja tidak merusak keindahan dan keasrian alam Sikunir. (Indotravelers)

Peta Lokasi Bukit Sikunir


Artikel Lainya