Candi Prambanan

Wisata Di Kawasan Bandungan Ambarawa.

Kawasan Bandungan merupakan daerah wisata pegunungan yang terdapat di Ambarawa, Kabupaten Semarang. Daerah ini memiliki udara yang sejuk dan jauh dari polusi serta pemandangan alamnya yang indah. Untuk mencapai Bandungan bisa ditempuh dengan kendaraan selama 1 jam di sebelah selatan Semarang atau sekitar 20 menit dari Ungaran, atau sekitar 15 menit dari Ambarawa melalui jalur pegunungan.

Kawasan Bandungan Semarang

Di Bandungan terdapat banyak objek wisata yang menarik seperti di daerah Sidomukti, di sana terdapat arena outbond dan pemandangannya yang indah. Asal-usul nama Bandungan Dikisahkan dari Pasutri K. Sanggem yang memperoleh wangsit untuk mencari sumur di lereng G.Ungaran, yaitu sumur yang airnya mengalir seperti sungai agar dia dapat memiliki anak. Setelah sumur ditemukan dan dia memiliki banyak anak, lalu dia mendapatkan wangsit lagi untuk menutup (=membendung) sumur tersebut agar tidak menyebabkan malapetaka bagi kampong dibawahnya, dengan konsekuensi di desanya tidak akan ada sumber mata air dan akhirnya sumur tersebut di tutup dengan gong. Desa tersebut akhirnya di kenal dengan Bandungan (= bendungan). Makam Kyai Sanggem berada di belakang Kantor Kecamatan Bandungan.

Salah satu objek wisata yang terkenal di kawasan Bandungan ialah Candi Gedongsongo. Walau demikian masih banyak daya tarik lain yang dapat anda jumpai seperti menikmati :
- Tahu Serasi
- Susu kedelai
- Jagung rebus
- Tanaman hias
- Sayur mayur
- Buah-buahan
- Tomat rasa kurma
- Klengkeng Bandungan
- Aglonema
- Tinggal di hotel sembari menikmati pemandangan
- Mi Ayam Lek Satiman
- Jagung Bakar
- Gemblong goreng