Hotel Kresna Wonosobo

Hotel Kresna Wonosobo merupakan sebuah hotel bersejarah di Kabupaten Wononosbo sekaligus bisa dikatakan sebagai hotel terbesar di Wonosobo. Saat ini Hotel Kresna banyak digunakan sebagai tempat persinggahan utamanya oleh wisatawan asing yang akan atau telah mengunjungi objek wisata Dataran Tinggi Dieng. Hotel Kresna Wonosobo memiliki lokasi yang sangat strategis di pusat kota, dekat dengan alun alun Wonosobo dan berada di jalan akses menuju kawasan Dieng.


Hotel Kresna Wonosobo

Hotel Kresna memiliki sejarah yang sangat panjang, hotel heritage ini dibangun pada tahun 1917 dengan nama Grand Hotel Dieng dan dijalankan oleh seorang berkebangsaan belanda bernama JW Muthert beserta keluarganya.

Sejarah Hotel Kresna berawal dari ditemukan kembalinya situs raja-raja kuno Jawa oleh seorang arkeolog berkebangsaan Belanda bernama HC Cornelius pada tahun 1814 di kawasan Dataran Tinggi Dieng. Penemuan ini berupa beberapa bangunan candi dari abad ke 7 yang saat ditemukan masih terendam oleh air telaga. Penemuan tersebut kemudian dilaporkan ke pemerintahan pusat Belanda yang kemudian melakukan pengeringan telaga dan restorasi candi. Seiring dengan waktu kawasan Dataran Tinggi Dieng yang memang juga memiliki keindahan alam sangat mempesona dan berhawa sejuk ini pun menjadi kawasan tujuan wisata bagi wisatawan Eropa utamanya Belanda.

Hotel Kresna Wonosobo

Tidak sedikit tamu-tamu penting yang tercatat pernah menginap di hotel ini baik di masa lampau sampai dengan masa kini, beberapa diantaranya ialah aktor Charlie Chaplin, pemimpin dari negara-negara Eropa & Asia, presiden pertama RI Soekarno dan Presiden ke 5 RI Bapak Susilo Bambang Yudhoyono.


Tidak hanya tampak luarnya yang bergaya kolonial, begitu memasuki hotel pegunjung akan merasakan suasana heritage yang sangat kental, selasar hotel dihiasi dengan lukisan-lukisan dinding berukuran besar serta furniture vintage yang terjaga dengan baik. Di sebelah kiri pintu masuk terdapat area gamelan jawa dengan ruang tamu bergaya tempo doeloe. Di sebelah kanan terdapat area Bar dan Restaurant serta akses ke kolam renang.

Hotel Kresna Wonosobo

Anda tidak memelukan AC di Hotel Kresna, udara di sekitar Wonosobo sudah cukup sejuk serta lubang fentilasi di kamar cukup membuat suasana ruangan tidak pengap. Anda juga bisa membuka jendela untuk mendapatkan udara segar, tidak perlu khawatir akan serangga atau nyamuk memasuki kamar karena jendela juga dilengkapi dengan pelapis anti serangga.

Saat sarapan pagi, anda akan berada di ruangan restaurant dengan furnitur kayu heritage. Atap berhiaskan lampu gantung gaya lama dan jendela berukuran besar. Konon di beberapa tempat masih terdapat bekas lubang peluru, karena tempat ini memang pernah dijadikan markas pertahanan belanda pada masa perang kemerdekaan.

Hotel Kresna Wonosobo

Selain suasana yang nyaman dan cukup mewah di kelasnya, Hotel Kresna memiliki staff yang ramah dan cekatan. Beberapa staff hotel mencuci kendaraan kami dan pengunjung lainnya yang berada di area parkir ketika kami mengunjungi hotel ini. Untuk anda yang akan berwisata ke Dataran Tinggi Dieng namun tidak ingin kehilangan kenyamanan ketika menginap,anda bisa mencoba hotel ini. Alamat Hotel Kresna Wonosobo: Jl. Pasukan Ronggolawe No. 30 Wonosobo 56311 Jawa Tengah. Phone: +62 286 324111. (Indotravelers)

Peta Lokasi Hotel Kresna Wonosobo



Artikel Lainya