Tempat Wisata Di Kota Malang.

Malang adalah kota kedua terbesar di Jawa Timur setelah Surabaya. Udaranya yang sejuk serta letaknya yang tak terlalu jauh dari Surabaya, menjadikan kota Malang sudah menjadi tempat favorit sejak zaman belanda sebagai tempat peristirahatan juga tempat tinggal yang nyaman, utamanya bagi kaum bangsawan pada masa itu.

Selain sejarah masa penjajahan, malang juga menyimpan sejarah panjang dari masa kerajaan masa lampau di Indonesia, hal ini bisa dilihat dari peninggalan yang masih tersisa hingga saat ini seperti candi-candi dan pusat ritual kerajaan.

Secara geografis kota Malang bisa dikatakan lengkap dan unik, dari mulai dataran tinggi pegunungan yang berhawa sejuk sampai dengan garis pantai yang indah, semua dimiliki oleh kota ini. Kota malang juga diapit oleh dua gunung besar yaitu Gunung Semeru yang merupakan gunung tertinggi di pulau jawa, serta Gunung Bromo dengan pemandangannya yang eksotis. Kedua kawasan tersebut masuk ke dalam area taman nasional Bromo-Tengger-Semeru. Bagi para petualang, kota Malang merupakan pintu gerbang untuk memasuki kawasan ini.



Berikut adalah beberapa tempat wisata menarik di Malang yang dapat anda kunjungi:

Pantai Balekambang

Sejatinya terdapat tiga pantai yang berbeda dalam satu area yang berdekatan, yakni pantai Balekambang, pantai Ngliyep dan pantai Sendang Biru. Mengunjungi tempat ini sebaiknya tidak di akhir pekan, karena sebagai tempat favorit wisatawan lokal, di akhir pekan sering kali menjadi terlalu penuh oleh pengunjung.

Pantai Balekambang

Apabila anda memiliki waktu yang lebih longgar, cobalah untuk mengunjungi Pulau Sempu yang dapat dijangkau dengan menyewa perahu dari pantai Sedang Biru. Sementara di pantai Balekambang terdapat tiga pulau kecil yang sudah diberi jembatan penghubung ke pantai utama, pantai Balekambang bisa dikatakan sebagai pantai terbaik diantara ketiga pantai ini.

Jalan Ijen atau Ijen Boulevard

Ijen Boulevard merupakan sebuah jalan tua peninggalan pemerintah Belanda di mana sepanjang jalan ini terdapat bangunan-bangunan mewah dan elite di masanya. Jalan Ijen memang dibuat untuk kaum bangsawan Belanda pada masa itu dan saat ini sisa-sisa heritage yang ada sudah beralih fungsi menjadi museum, perpustakaan dan lain-lain.

Untuk menikmati keindahan Ijen Boulevard wisatawan bisa menggunakan becak yang banyak terdapat di sana.

Candi Singosari

Berjarak sekitar 12 Km di sebelah utara kota Malang, Candi Singosari merupakan sebuah candi Hindu yang berasal dari masa sekitar tahun 1300 M, seolah mengingatkan kita bahwa kerajaan Hindu pernah memerintah Jawa sebelum datangnya Islam.

Candi Singosari

Apabila anda mengunjungi candi ini, sempatkan untuk mengunjungi situs pemandian Ken Dedes yang terletak tidak jauh dari sini, Ken Dedes merupakan istri dari raja pertama kerajaan Singosari. Pemandian itu sendiri dipercaya sebagai bekas keraton Singosari, di sekitar pemandian juga dapat anda jumpai beberapa peninggalan kerajaan Hindu lainnya seperti patung-patung, juga candi Jogo dan candi Kidal. Mintalah kepada pemandu yang ada di candi Singosari untuk mengantar anda ke tempat menarik ini.

Gunung Bromo

Gunung Bromo

Dari bentuknya, gunung bromo dapat dengan mudah dikenali sebagai gunung yang pernah meletus dan menyisakan sebuah kawah besar / kaldera dengan diameter sekitar 10 Km. Gunung bromo memiliki pemandangan yang menakjubkan. Baca selanjutnya..

Gunung Semeru

Gunung Semeru

Merupakan gunung tertinggi di pulau jawa. Gunung berapi aktif ini rutin mengepulkan asap tebal dari kawahnya setiap sekitar 15 menit. Gunung ini juga merupakan sasaran utama para pecinta alam dan pendaki gunung di Indonesia. Baca selanjutnya..

Kawasan Batu Malang

Batu merupakan sebuah kawasan dataran tinggi yang berhawa sejuk dan memiliki pemandangan indah serta terletak tidak jauh dari kota Malang. Sejak zaman penjajahan Belanda kawasan ini memang sudah dijadikan tempat peristirahatan oleh kaum bangsawan Belanda pada masa itu. Hingga saat ini kawasan Batu masih menjadi tempat favorit untuk bersantai di akhir pekan bagi masyarakat kota Malang dan Surabaya.

Batu terletak di kaki gunung Welirang dan Arjuna, sekitar 20 Km sebelah barat Malang. Anda bisa mendapat informasi mengenai pariwisata kawasan Batu di Pusat Informasi Wisata Batu, atau melalui telepon di nomor : 0341 591706