Telaga Sarangan

Telaga Sarangan merupakan sebuah objek wisata yang terletak di kabupaten Magetan, Jawa Tengah. Telaga yang terletak di perbukitan dengan hawa sejuk ini terletak di ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut, hanya berjarak sekitar 1.5 jam perjalanan dari kota Madiun. Telaga Sarangan merupakan danau alam yang karna keindahan alamnya sudah digunakan sebagai tempat peristirahatan sejak zaman kolonial Belanda.

Telaga Sarangan

Telaga Sarangan cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan terutama di akhir pekan, di kawasan sekitar terdapat penginapan dan villa bagi wisatawan yang ingin menginap sambil menikmati keindahan alam dan udara pegunungan yang segar. Di sekitar danau banyak terdapat kios-kios yang menjual aneka barang, termasuk makanan dan souvenir, di pinggiran danau terdapat banyak penyewaan perahu dan sepeda air untuk wisatawan yang ingin mengarungi danau. Namun kegiatan utama di telaga ini ialah mengendarai kuda berkeliling danau, sepertinya kegiatan ini sudah menjadi tradisi sejak puluhan tahun silam.

Telaga Sarangan

Telaga Sarangan

Telaga Sarangan terletak di kaki Gunung Lawu, berada di jalur legendaris yang menghubungkan Madiun dan Surakarta melewatai Cemoro Sewu dan kawasan resort wisata Tawangmangu, jalur menanjak dan terjal ini juga sangat legendaris, melewati jalan yang terjal serta berkelok tajam, namun menyajikan pemandangan pegunungan kaki Gunung Lawu yang sangat indah. Konon banyak kendaraan yang sering mogok bahkan mundur tidak kuat untuk menanjak ketika meleati jalu ini, namun saat ini di beberapa lokasi sudah dibangun jalan baru yang memiliki kondisi lebih baik dan leih ramah bagi pengendara, jadi apabila anda sedang berada di kawasan Telaga Sarangan, ada baiknya anda mencoba mencoba untuk melewati jalur dengan pemandangan spektakuler ini menuju ke Cemoro Sewu, Gerojogan Sewu dan Tawangmangu. (IndoTravelers)

Peta Lokasi Telaga Sarangan



Artikel Lainya