Helsinki, Kota dengan Sejarah Rusia.

Rotterdam Belanda

Helsinki adalah ibukota Negara Finlandia yang terletak di bagian selatan serta merupaka kota terbesar di Finlandia. Dalam sejarah, Finlandia pernah dijajah oleh Uni Soviet dimana pada masa itu ibukota Finlandia dipindahkan dari Turku ke Helsinki. Sisa-sisa peninggalan kependudukan Uni Soviet masih terlihat di kota ini, dimana banyak terdapat bangunan bersejarah yang menggunakan bentuk desain dan arsitektur yang menyerupai bangunan di Rusia. Di masa sekarang ini, Helsinki merupakan kota metropolitan dengan sistem transportasi dalam kota yang tertata dengan baik, serta fasilitas penunjang transportasi modern untuk menghubungkan Helsinki dengan berbagai kota dan negara lain, baik melalui jalur darat, laut dan udara.

Kondisi cuaca di Helsinki tidaklah se-ekstrim kota-kota di bagian utara atau negara Skandinavia lainnya karena lokasi dan pengaruh laut Baltik yang membuat suhu udara saat musim panas tidaklah terlalu tinggi dan musim dingin tidak terlalu rendah. Namun Helsinki masih mengalami malam yang panjang saat musim dingin dan siang yang panjang saat musim panas. Sebagaiman negara-negara di Eropa Utara, saat musim panas, sebagian besar warganya berusaha untuk memanfaatkan sinar matahari sebanyak mungkin dengan berjemur atau melakukan aktifitas sehari-hari di luar ruangan seperti taman kota atau tempat umum lainnya. Di taman kota, warga lokal akan berkumpul sembari menikmati makan siang, bertemu dengan teman dan keluarga atau bersantai menikmati sinar matahari yang jarang ditemui. Pada musim panas, di taman kota ini terdapat banyak penjual makanan dan es krim, serta seniman jalanan yang mempertunjukan keahlian mereka bagi pengunjung secara gratis.

Helsinki Finladia


Helsinki Finladia

Helsinki Finladia

Helsinki Finladia

Tempat yang menarik dan menjadi pusat kegiatan warga lokal dan wisatawan adalah Market Square, tempat ini berada di pinggir laut yang menjadi pelabuhan berbagai kapal besar dan kecil. Pasar ini merupakan salah satu pasar terbuka yang terkenal di Eropa Utara. Disini, pengunjung dapat berbelanja souvenir, pakaian, bunga, buah dan barang kebutuhan lainnya. Penjual makanan di pasar ini menjual di tenda-tenda dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan di tempat lain di Helsinki dan mereka menawarkan berbagai pilihan makanan seperti Salmon, Meatballs, makanan ringan bahkan juga ada makanan Asia. Tak jauh dari Market Square, terdapat deretan toko yang menjual barang-barang bermerk internasional walau barang yang ditawarkan tidaklah sebanyak dan selengkap di Eropa Barat.

Helsinki Finladia

Helsinki Finladia

Helsinki merupakan kota yang kaya akan sejarah dan budaya, karenanya di kota ini banyak terdapat museum yang memberikan banyak informasi dan menyimpan peninggalan sejarah dan budaya di negara ini. Museum yang terkenal dan menarik bagi wisatawan antara lain Museum Nasional Finlandia, Museum Seni Kontempori Kiasma, Museum Gallen Kallela yang merupakan pelukis ternama Finlandia serta Museum Seni Nasional Finlandia Ateneum. Selain itu bangunan yang menjadi pusat atraksi Helsinki karena desain arsitektur dan kegunaannya antara lain Central Railway Station, Universitas Helsinki, Stadion Olimpiade Helsinki, Suomenlinna dimana terdapat Swedish Castle, Senate Square serta gereja dengan bentuk yang unik yaitu Gereja Katedral Helsinki dan Rock Church, dimana desain interior gereja ini dibuat dengan batu padat dan memberikan cahaya yang indah ke bagian dalam gereja.

Helsinki Finladia

Helsinki Finladia

Berkunjung ke Helsinki, tidak hanya melakukan perjalanan ke tempat yang baru namun juga mendapat pengalaman sejarah dan budaya yang dapat ditemui di setiap sudut kota melalui arsitektur bangunan, berbagai museum serta kehidupan warga lokal yang menjadi wujud perpaduan kehidupan modern dan sejarah Negara Finlandia sebagai bagian negara Skandinavia dan bekas jajahan Uni Soviet. (Dylla Aswin, Indotravelers)


Artikel Lainya