Pulau Gili (Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno) Lombok.

Panorama Pantai Senggigi Lombok

Gili berarti pulau kecil dalam bahasa Sasak (suku asli P Lombok), sejatinya masih banyak Gili di sekitar pulau Lombok, tetapi ketiga gili tersebutlah yang merupakan tujuan utama pariwisata, terutama gili Trawangan. Untuk mencapai Gili, anda bisa menggunakan transportasi laut dari lombok maupun Bali. Kebanyakan wisatawan berangkat dari Bali menggunakan kapal cepat / fast boat dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Terdapat banyak pilihan operator fastboat yang melayani rute ini, kebanyakan dari mereka juga menawarkan fasilitas penjemputan dari hotel di Bali tanpa biaya tambahan. Beberapa operator fastboat yang dapat anda gunakan antara lain Gil Cat (0361 271680) Blue water Express (0361 723479).



Wisatawan yang berangkat ke Gili Trawangan dari Pulau Lombok biasa melalui Pelabuhan Teluk Kodek atau Pelabuhan Bangsal, kedua pelabuhan tersebut tidak terlalu jauh dari Objek Wisata Senggigi. Teluk Kodek digunakan sebagai pelabuhan fast boat dan kapal carter untuk keperluan diving, sedangkan Pelabuhan Bangsal merupakan tempat perahu penyebrangan reguler yang biasa digunakan oleh penduduk setempat. Jarak Pelabuhan Teluk Kodek ke Senggigi lebih dekat jika dibandingkan dengan jarak dari Senggigi ke pelabuhan Bangsal, namun ongkos penyebrangan dari Pelabuhan Bangsal jauh lebih murah karena kebanyakan menggunakan perahu tradisional, ongkos menyebrang dari Pelabuhan Bangsal menuju Gili sekitar Rp.20.000 / Orang.

Walaupun berdekatan, ketiga gili ini membangun dirinya secara unik dan berbeda satu sama lain. Bagi wisatawan, ketiga gili dapat memberikan suasana yang berbeda sehingga dapat disesuaikan dengan tujuan berlibur anda.

Jalan Di Gili Trawangan
Jalan Di Gili Trawangan

Gili Air ialah gili terdekat dengan daratan Lombok. Gili Air merupakan tempat dengan populasi penduduk lokal terbesar dibanding gili Trawangan dan Gili Meno, cocok untuk anda yang ingin banyak berinteraksi dengan masyarakat lokal sesungguhnya.

Gili Meno terletak di tengah-tengah antara Gili Air dan Gili Trawangan, dan merupakan tempat dengan populasi paling sedikit diantara ketiganya. Tempat ini sangan cocok untuk anda yang ingin menyepi tanpa banyak berinteraksi dengan orang lain.

Gili Trawangan merupakan gili terbesar dan termodern dengan fasilitas wisata yang lengkap. Hotel dan resort bintang lima, restaurant dan bar berjejal di pulau kecil yang dipenuhi oleh wisatawan asing ini, namun tak perlu khawatir karena tidak semua tempat di Gili Trawangan adalah identik dengan pesta, masih banyak lokasi-lokasi tenang dengan pemandangan alam yang indah di Gili Trawangan. Tidak ada kendaraan bermotor di ketiga pulau kecil ini.

Gili Island Lombok

Untuk berkeliling pulau, anda bisa menggunakan kereta kuda yang dikenal dengan sebutan Cidomo (singkatan dari Cikar Dokar Mobil) dengan tarif sekitar Rp. 30.000. Tetapi apabila anda memiliki cukup waktu mungkin dapat mencoba untuk mengelilingi pulai dengan berjalan kaki atau menggunakan sepeda yang tentu saja akan memberikan pengalaman yang berbeda dan lebih detail untuk mengenal seisi pulau. Tidak perlu terlalu khawatir karena ukuran ketiga pulau ini relatif kecil dan bisa dijangkau dengan berjalan kaki sambil menikmati pemandangan yang ada.

Diving.

Diving adalah wisata populer di Gili. Ada banyak penyedia jasa diving yang dapat anda gunakan dengan harga paket sekitar Rp. 400.000. Pemandangan bawah laut di sini sangat indah dengan terumbu karang dan biota laut lain yang masih sehat. Terdapat banyak spot diving diantara ke tiga pulau ini, masing - masing operator biasanya memiliki spot-spot andalan mereka sendiri yang dapat disesuaikan dengan tingkat kesulitan yang diinginkan peserta. Operator Diving di Gili Trawangan sudah bersertifikat PADI & ISSI, mereka juga menyewakan peralatan diving dengan standar internasional.

Snorkeling.

Apabila anda tidak ingin melakukan aktifitas menyelam, atau diving dirasakan terlalu berat untuk anda, anda masih bisa menikmati keindahan pemandangan bawah laut Gili Island dengan melakukan snorkeling. Biaya sewa paket snorkeling berkisar Rp. 60.000 sampai Rp. 150.000.

Glass Bottom Boat.

Ingin menikmati keindahan alam bawah laut gili namun tak ingin berbasah-basahan, anda bisa mengguakan fasilitas Glass Bottom Boat, yakni sejenis perahu dengan dasar yang terbuat dari kaca, dari atas perahu anda bisa melihat aneka macam terumbu karang dan ikan sambil bersantai.

Surfing.

Gili Island juga memiliki spot intuk surfing yang banyak digunakan oleh wisatawan asing. Banyak terdapat penyewaan papan surfing dengan harga yang terjangkau. Aktifitas surfing memerlukan keahlian khusus, namun tidak perlu khawatir karena banyak penyedia jasa pelatihan singkat surfing untuk pemula di Gili Trawangan apabila anda menginginkannya

Bersantai.

Gili island lombok

Area Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air merupakan tempat yang cocok untuk berdiam diri dan tidak melakukan apa-apa. Namun apabila tujuan utama wisata anda ke Gili adalah bersantai dan menyepi, maka Gili Meno adalah tempat paling pas untuk anda. Anda bisa menyewa bungalau dan bersantai jauh dari hiruk pikuk wisatawan dan polusi kota besar.

Gili Trawangan.

Banyak sekali turis asing di Gili Trawangan, Pulau ini memang sepertinya menjadi pulau paling terfavorit di kalangan pelancong yang ingin mengunjungi Gili, bahkan sepertinya mayoritas penghuni pulau ini adalah turis asing. Gili trawangan sudah dilengkapi oleh hotel-hotel yang cukup lengkap dan berfariasi disesuaikan dengan budget anda, dengan restaurant-restaurant yang berjejer di sepanjang pantai. Baca Selanjutnya..



Peta Lokasi Pulau Gili Lombok

Koordinat : -8.354958, 116.043083