Wisata Jalan Kaki Di Pusat Kota Bandung

Gedung BI bandung
Gedung BI

Anda bisa memulai berjalan kaki dari pertigaan jalan Asia Afrika dan Jalan Tamblong. Di sebelah utara anda terdapat Hotel Preanger dan kurang lebih di seberangnya terdapat Hotel Savoy Homann.

Grand Hotel Preanger pertama dibangun pada tahun 1889 dan diperbaharui pada tahun 1928 oleh seorang arsitek terkenal bernama Wolf Schoemaker. Ciri dari bangunan hotel ini ialah memiliki sudut-sudut yang tajam (Blocky Style) mirip dengan arsitektur dari bangsa Maya di Meksiko.



Di sebelah barat jalan asia Afrika terdapat hotel Savoy Homann, salah satu keistimewaan hotel ini ialah merupakan hotel termewah pada zamannya, dimana selebriti seperti Charlie Chaplin pernah menginap di sini. Di dalam hotel dekat parkir sebelah belakang Hotel anda bisa melihat koleksi barang-barang peninggalan sejarah berkaitan dengan hotel ini ditempel di tembok dilapisi kaca.

Jalan jalan di Bandung
Jalan Asia Afrika

Teruskan perjalanan ke arah barat anda akan menemui jalan yang sangat terkenal di kota Bandung, yaitu Jalan Braga. Di sudut jalan terdapat bangunan Gedung Merdeka, yang pada mulanya dibuat oleh orang-orang Belanda sebagai Club Societeit Concordia pada tahun 1895. Bangunan ini terkenal ke seluruh dunia ketika pemerintah Indonesia menggunakannya sebagai tempat konfrensi Asia-Afrika. Saat ini gedung merdeka digunakan sebagai museum.

Sasana Budaya Ganesha
Sasana Budaya Ganesha

Lanjutkan perjalanan anda menyusuri Jalan Braga, sekitar 100 Meter anda akan menemui Bioskop Majestic di sebelah kiri. Salah satu bangunan tua dengan keunikan khusus yaitu terdapat relief kepala naga, bangunan ini masih diarsiteki oleh Schoemaker.

Sekitar 2 menit berjalan kaki dari Gedung Asia-Afrika anda akan berada di Alun-Alun yang merupakan pusat dari kota Bandung. Di tempat inilah bangunan pertama didirikan, salah satu bangunan tersebut adalah bangunan pendopo yang terletak di sebelah selatan. Alun-alun saat ini berfungsi sebagai komplek perbelanjaan, juga terdapat Mesjid Agung yang merupakan mesjid terbesar dan mesjid utama kota Bandung. Di sudut utara terdapat Tourist Information Center, sempatkan mengunjungi tempat ini untuk mencari informasi tambahan termasuk jadwal pertunjukan / event di kota Bandung.

Lanjutkan perjalanan ke Jalan Oto Iskandar Dinata salah satu tempat perbelanjaan, lanjutkan lagi sampai ke Pasar Baru, sebuah pasar lengkap dimana anda dapat menemukan barang-barang murah dari makanan sampai pakaian. Saat ini Pasar Baru sangat diminati wisatawan yang berkunjung ke kota bandung baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri seperti Malaysia. Mereka datang untuk berburu barang-barang murah dengan kualitas yang cukup baik.

Baca Juga: Bandung Heritage