Pantai Batu Karas Pangandaran

Batu Karas Pangandaran

Berjarak sekitar 35 Km dari Pantai Pangandaran, Pantai Batu Karas dapat ditempuh dengan berkendara sekitar 1 jam dari kawsan wisata Pangandaran. Kondisi jalan raya penghubung antara Pangandaran dan Batu Karas saat ini sudah sangat baik walau tidak terlalu lebar, kebanyakan wisatawan melewati jalan ini untuk menuju objek wisata Green Canyon, Lokasi Pantai Batu Karas itu sendiri terletak sekitar 10 menit berkendara dari Green Canyon.

Apabila anda pernah berkunjung ke Pantai Pangandaran beberapa belas tahun ke belakang, mungkin anda akan merasakan atmosfir yang sama di Batu Karas saat ini, suasana yang jauh lebih tenang serta lokasi yang cukup terpencil memberikan nuansa wisata yang berbeda. Kebanyakan wisatawan asing tinggal di tempat ini berlama-lama untuk melakukan aktifitas surfing, ombak di Batu Karas juga terkenal cukup bersahabat untuk para surfer pemula.

Lokasi pantai yang paling umum dikunjungi di Batu Karas ialah kawasan Legokpari, dapat ditempuh dari ujung jalan Batu Karas lalu belok ke kanan sekitar 500 meter. Tidak banyak pantai yang aman untuk digunakan sebagai tempat berenang di Batu Karas, kawasan Legokpari ini adalah salah satunya, namun kawasan ini juga sekaligus merupakan kawasan teramai di Batu Karas, sehingga di waktu-waktu liburan terasa sangat sesak oleh wisatawan. Di kawasan Legokpari terdapat beberapa hotel dan penginapan, diantaranya ialah Java Cove Beach. Di ujung jalan terdapat lapangan parkir cukup luas dengan penjual makanan dan oleh-oleh serta souvenir.

Batu Karas Pangandaran

Untuk wisatawan yang menginginkan suasana lebih tenang bisa mencoba pantai di kawasan Sanghyangkalang, jaraknya tidak terlalu jauh, dari ujung jalan Batu Karas belok kiri mengikuti petunjuk jalan menuju kawasan Sanghyangkalang, sekitar 1 Km wisatawan akan sampai di kawasan pantai yang lebih sepi, di tempat ini juga terdapa beberapa bungalow seperti Villa Monyet dan Bale Karang.

Sejatinya tidak terlalu banyak wisatawan yang menginap di Batu Karas, sehingga di malam hari tempat ini relatif tenang dan nyaman. Selain beberapa penginapan yang telah disebutkan di atas, anda juga bisa menginap sedikit di luar kawasan pantai, anda bisa mencoba menginap di Riverside Batu Karas, lokasinya beberapa ratus meter sebelum bibir pantai, tepat di pinggir sungai dengan air yang tenang. Anda juga bisa menginap di Sunrise Resort Batu Karas dengan fasilitas yang lebih baik, hotel ini berlokasi tepat di ujung jalan raya Batu Karas di sebelah kanan jalan.

Batu Karas Pangandaran

Untuk urusan kuliner, terdapat beberapa warung makan sederhana di kawasan sekitar area parkir Legokpari, namun apabila anda menginginkan menu & makanan dengan kualitas lebih baik, anda bisa makan di restaurant yang ada di hotel-hotel, seperti di Java Cove atau Sunrise Resort. Terdapat sebuah restaurant seafood yang cukup representatif di ujung jalan Batu Karas sebelah kanan dekat dengan Sunrise Resort bernama Bayview Seafood Restaurant, tempatnya cukup nyaman dengan harga yang cukup terjangkau.

Batu Karas Pangandaran

Bagi wisatawan asing, surfing adalah kegiatan utama di pantai Batu Karas, terdapat banyak penyewaan surfing board di tempat ini dengan biaya sewa sekitar Rp. 50.000 per hari. Kegiatan lainya ialah bermain banana boats, flying fish dan bermain di pantai bersama keluarga untuk wisatawan yang datang bersama keluarga dan anak-anak. Di sekitar pantai masih banyak terdapat pepohonan sehingga wisatawan dapat dengan mudah berteduh sambil menikmati keindahan pantai Batu Karas. Untuk anda yang menginap cobalah untuk keluar melihat pantai di malam hari, apabila beruntung anda mungkin anda bisa melihat keunikan pantai ini berupa warna biru berpendar di dalam ombak.

Batu karas sangat cocok untuk anda yang memiliki jiwa adventure, jangan membayangkan hotel bintang lima atau restaurant mewah di tempat ini, semua fasilitas masih tradisional namun cukup memadai. Kawasan Batu Karas juga sangat religius, banyak terdapat Masjid di sekitar hotel sehingga mungkin anda akan terbangun di pagi hari oleh kumandang adzan. (indotravelers.com)


Peta Lokasi Pantai Batu Karas Pangandaran