Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran merupakan salah satu pantai terindah yang ada di Jawa Barat, berjarak sekitar 250 Km dari kota Bandung atau sekitar 5 jam berkendara memang sebuah perjalanan yang cukup jauh, namun segala kelelahan yang dialami selama perjalanan panjang menuju Pantai Pangandaran akan terbayarkan segera setelah anda tiba di tempat ini oleh pemandangan pantai yang indah serta suasana wisata khas yang sulit ditemukan di tempat lain.


Pantai Pangandaran merupakan objek wisata yang sangat lengkap, deretan penginapan mulai dari losmen sampai dengan hotel berbintang tiga terletak tidak jauh dari bibir pantai, jalan-jalan di sekitar pantai dipenuhi oleh wisatawan yang sedang berjalan kaki atau mengendarai sepeda tandem, motor listrik atau mengayuh mobil gowes sambil tertawa ceria bersama rekan-rekan ataupun keluarga. Pasar tradisional yang menjual souvenir sangat mudah ditemui, demikian pula dengan rumah makan yang menjual makanan seafood segar yang ditangkap langsung dari laut di sekitar Pangandaran dengan harga yang relatif terjangkau.

Pantai Pangandaran

Selain menikmati pemandangan pantai yang indah serta aman untuk berenang, pengunjung bisa menyewa perahu untuk berkeliling sekitar pantai Pananjung dan mendarat di Pantai Pasir Putih, di sini pengunjung bisa menyewa peralatan snorkeling untuk menikmati keindahan terumbu karang yang terletak hanya beberapa meter dari permukaan air. Untuk anda yang senang dengan petualangan, bisa mencoba berjalan kaki menembus Cagar Alam Pananjung sambil melihat aneka satwa endemik yang berkeliaran bebas di dalam area taman nasional. Seperti berada di pulau kecil layaknya Gili Trawangan, wisatawan di Pantai Pangandaran bisa menikmati Sunrise di pagi hari dan Sunset di sore hari sekaligus dari dua buah spot yang dapat dicapai hanya dengan berjalan kaki.

Pantai Pangandaran

Sebuah festival layang-layang diadakan di pantai Pangandaran pada bulan Juli setiap tahun. Layang-layang memang bukanlah hal yang asing bagi warga Pangandaran, penduduk setempat biasanya menggunakan layang-layang di malam hari untuk menangkap kelelawar untuk dimakan atau digunakan dalam pengobatan Cina. Apabila anda akan berkunjung ke Pangandaran, ada kepercayaan setempat bahwa memakai pakaian warna hijau di daerah ini akan membuat marah Nyi Loro Kidul, dan akan membawa kemalangan.

Pantai Pangandaran

Masih kurang puas, sedikit lebih jauh wisatawan bisa mengunjungi objek-objek wisata lainya yang ada di sekita Pangandaran yang tak kalah menarik, seperti Green Canyon, body rafting di Citumang, mengunjungi pantai Batu Karas, Karang Nini dan masih banyak objek wisata yang lainya. Tiket masuk kawasan wisata Pantai Pangandaran ialah Rp. 30.000 / Orang, Kendaraan roda empat dikenakan biaya Rp. 35.000. (IndoTravelers)


Peta Lokasi Pantai Pangandaran


Artikel Lainya