Wisata Ke Kampung Bena, Nusa Tenggara Timur.

Kampung Bena Nusa Tenggara Timur

Kampung Bena merupakan sebuah objek wisata yang terletak di Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur. Selain daya tarik wisata budaya dari masa lampau, kampung megalith yang diperkirakan sudah ada sejak 1.200 tahun yang lalu ini terletak di puncak bukit sehingga memiliki pemandangan alam yang indah serta berhawa sejuk.

Kampung Bena masih terletak di kawasan Bajawa yang memang terkenal sebagai tempat dimana banyak ditemukannya peninggalan dari masa megalitikum, kampung ini tepatnya terletak di desa Tiwuriwu sekitar 19 Km dari Bajawa. Bentuk kampung Bena memanjang dari Utara ke Selatan, hanya memiliki satu pintu masuk dari bagian utara, sedangkan bagian selatan merupakan ujung desa yang terletak di tepi tebing terjal.

Kampung Bena Nusa Tenggara Timur


Waktu seolah berhenti ketika anda berkunjung ke tempat ini, bangunan-bangunan yang ada konon masih sama dengan bangunan pada masa megalih lebih dari 1000 tahun lalu, demikian pula dengan kehidupan dan budaya masyarakatnya yang masih menjaga kearifan lokal dan hidup berbaur dengan alam.

Kampung Bena Nusa Tenggara Timur

Kampung Bena terletak di kaki Gunung Inerie dengan ketinggian sekitar 2.245 meter di atas permukaan laut. Gunung yang menjulang seolah memeluk desa Bena ini memang dipercaya oleh masyarakat setempat sebagai tempat tinggal Dewa Yeta sebagai dewa pelindung desa mereka. Gunung Inerie berbentuk lancip dan cukup unik, gunung berapi aktif ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Kampung Bena. (indotravelers.com)


Peta Lokasi Kampung Bena


Artikel Lainya