Tips Aman Dan Nyaman Ber-Arung Jeram / Rafting

Pulau Derawan, Berau, Kalimantan Timur

Rafting atau arung jeram adalah salah satu olehraga ekstrim yang cukup berbahaya, namun kelas-kelas sungai yang berbeda serta kemajuan teknologi dan pengetahuan yang menyertainya menyebabkan arung jeram saat ini sudah menjadi olahraga keluarga yang menyenangkan sekaligus menantang untuk anda coba.

Seperti perjalanan petualangan lain, tindakan pencegahan akan bahaya harus selalu dilakukan terlebih dahulu. Hanya karena Anda mengambil jeram dengan grade termudah tidak berarti bahwa Anda bisa sembrono. Ingat bahwa jika ada yang tidak beres, kesiapsiagaan / persiapanlah yang dapat menyelamatkan Anda.

Berikut adalah tips aman dan nyaman olahraga Arung Jeram / Rafting dari kami:

Sebelum pergi ber-arung jeram, tanyalah pada diri sendiri tentang fisik, mental, kemampuan renang dan kesehatan anda. Jika tidak yakin, mengambil beberapa pelajaran berenang dapat membantu, terutama membuat anda familiar berada di air (tidak panik apabila terjatuh ke sungai). Jika Anda memiliki masalah medis, pastikan untuk memperoleh izin dari dokter untuk mengikuti kegiatan ini.

Arung Jeram / Rafting
Periksa peralatan & perhatikan instruksi dari pelatih / instruktur..

Pastikan untuk menggunakan perusahaan jasa penyelenggara / operator arung jeram yang berpengalaman, memiliki reputasi baik dan kompeten. Lihatlah seberapa sering operator tersebut melayani konsumen, siapa saja yang pernah menggunakan jasanya, apakah anda dilindungi asuransi, dan lain-lain. Operator arung jeram yang baik harus memiliki badan hukum dan alamat kantor yang jelas, serta kantor representative di lokasi.

Arung Jeram / Rafting
Rafting is fun..!!

Kegiatan arung jeram akan lebih menyenangkan apabila dilakukan secara bersama-sama / kelompok baik dengan rekan kantor, sekolah, atau keluarga besar. Disamping lebih menyenangkan dan seru, apabila ada situasi yang tidak diinginkan terjadi akan lebih banyak bantuan yang datang dari rekan-rekan, selain bantuan dari team rescue tentunya. Kombinasi dengan games outbound dan games-games lain seperti paintball akan menambah semarak petualangan anda.


Apabila anda merasa perlu untuk membawa barang pribadi seperti kamera, obat-obatan pribadi, makanan dan lain-lain ke dalam perahu, maka anda memerlukan sebuah tas kering (dry bag), tas ini akan menjaga semua barang anda tetap kering. Casing kamera tahan air juga diperlukan, namun peralatan penunjang seperti obat-obatan yang bersifat umum, dokumentasi, snack dan lain-lain biasanya disediakan oleh operator penyelenggara arung jeram, sehingga anda tidak perlu repot membawanya selama melakukan pengarungan. Banyak membawa barang selama ber-arung jeram juga sangat beresiko.

Arung Jeram / Rafting
Menguji keberanian..

Pakailah pakaian pelindung seperti jaket pelampung, helm / pelindung kepala dan dayung dengan ukuran yang tepat. Peralatan pendukung tersebut disediakan oleh operator, periksalah kondisinya sebelum melakukan pengarungan, pastikan semua dalam keadaan baik, apabila ada peralatan dalam keadaan tidak baik, laporkan ke operator untuk dipisahkan dan tidak digunakan. Operator arung jeram akan memberikan pengarahan sebelum pengarungan, perhatikanlah dengan seksama walaupun anda pernah berarung jeram sebelumnya. Pilih rompi pelampung yang pas dan tidak menggangu pergerakan anda ketika mendayung.

Arung Jeram / Rafting
Terjatuh ke sungai?, jangan panik, banyak yang akan membantu anda..

Pakailah pakaian yang nyaman. Sepatu tenis atau sandal luar ruangan (sandal gunung) yang mengikat di kaki sehingga tidak mudah lepas adalah pilihan yang baik, jangan menggunakan sandal jepit. Selama pengarungan sangat mungkin anda terjatuh ke sungai sehingga pilihlah pakaian yang mudah kering, sebagai contoh brand terkenal seperti Speedo memiliki pakaian beachwear dengan proses pengeringan yang sangat cepat, jangan menggunakan celana jeans. Jangan lupa untuk memakai sunblock!

Karena anda akan berada di luar ruangan, mendayung dan kemungkinan tersengat oleh matahari dalam waktu yang cukup panjang, pastikan untuk menjaga diri dengan baik dari dehiderasi / kekurangan cairan tubuh. Minum banyak cairan sebelum, selama, dan setelah perjalanan arung jeram. Dengan semua adrenalin yang ada selama pengarungan, sering kali anda tidak menyadari betapa haus diri anda sebenarnya.

Arung Jeram / Rafting

Di atas segala-galanya, dengarkanlah semua arahan membimbing / instruktur dan kapten perahu, jangan pernah meremehkan pelatihan mereka atau bertindak sombong. Jangan bersikap arogan dan meremehkan hanya karena anda telah sering berarung jeram, memiliki kemampuan renang yang baik atau kekuatan fisik yang prima. Ingatlah bahwa alam akan sangat mudah menaklukan anda.

Terakhir, jangan lupa berdoa, selalu berfikir positif dan menikmati setiap detik pengarungan yang anda lakukan.. Selamat ber-arung jeram. (indotravelers.com)


Artikel Lainya